BLANTERTOKOv105
1657097087481552441

Manfaat Sidat

Manfaat Sidat

12 Manfaat Ikan Sidat Bagi Kesehatan Tubuh – Bagi Anda para pecinta ikan, apakah sudah tahu mengenai ikan yang satu ini? Namanya saja mungkin memang masih terasa asing di telinga Anda karena masih jarangnya usaha budidaya ikan jenis tersebut di Indonesia. Namun, Anda wajib tahu khasiat makan ikan yang luar biasa ini.

Dengan berbagai kelebihannya, jelaslah bahwa ikan ini memang begitu luar biasa. Makanya, wajar apabila ikan ini banyak dicari orang-orang di berbagai negara. Sebagaimana yang dilansir pada laman kesehatan.kompasiana.com, bahkan ikan sidat ternyata dianggap sebagai salah satu makanan termahal dan juga merupakan masakan kehormatan di negara Jepang. Sebab, hanya akan disajikan bagi para tamu istimewa dan tamu terhormat saja. Ikan yang memiliki kandungan banyak zat bermanfaat ini terbukti mempunyai beberapa khasiat menakjubkan bagi tubuh yang cukup banyak. Dilansir di dalam laman agromandirinusantara.com inilah 12 manfaat ikan sidat bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Mengatasi lemak tak baik: Lemak jahat yang berada dalam darah Anda bisa berkurang. Sehingga mengonsumsi ikan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.
  2. Anti penyakit aterosklerosis: Ikan sidat terbukti mampu mencegah munculnya penyakit aterosklerosis dan sekaligus mengurangi keletihan. Bagi Anda yang banyak melaukan aktivitas setiap harinya, ikan ini sangat cocok untuk dikonsumsi. Baca juga: Mengobati Penyakit Mata Ikan Secara Alami.
  3. Baik bagi perkembangan otak: Ikan sidat diketahui mampu membantu terbentuknya lemak fosfat serta sangat baik perkembangan otak besar Anda.
  4. Meningkatkan kecerdasan otak: Kandungan gizi dalam ikan sidat mampu meningkatkan daya ingat Anda. Agar Anda tidak mudah pikun apabila sudah tua nanti, ikan ini layak untuk dikonsumsi. Sangat baik juga bagi anak-anak dalam masa pertumbuhannya.
  5. Memperbaiki sirkulasi kapiler: Ikan sidat mampu membantu memperbaiki sistem sirkulasi kapiler dalam tubuh. Pembuluh kapiler berfungsi sebagai tempat pertukaran cairan, hormon, makanan, elektrolit dan juga bahan-bahan lainnya. Rusaknya pembuluh ini dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit berat.
  6. Menjaga tekanan darah: Mengonsumsi ikan sidat dapat menjaga tekanan darah Anda agar tetap normal. darah rendah dan darah tinggi tentu sudah kita ketahui efek buruknya bagi tubuh, kandungan zat gizi dalam ikan sidat ternyata mampu menstabilkan tekanan darah Anda.
  7. Berfungsi sebagai antioksidan: Konsumsi ikan sidat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda karena ia beperan sebagai antioksidan alami. Sehingga, daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi sidat akan lebih terjaga.
  8. Membantu di dalam mengobati pembuluh darah otak
  9. Membantu mengatasi rabun jauh
  10. Membantu mengatasi rabun dekat
  11. Membantu mengatasi glaukoma
  12. Membantu mengatasi mata kering akibat kelelahan

Itulah 12 manfaat ikan sidat bagi kesehatan tubuh Anda. Ikan sidat atau disebut juga ikan unagi di Negara Jepang tersebut memang masih belum cukup terkenal. Karena belum terlalu banyak juga masyarakat Indonesia yang tahu akan manfaatnya. Nah setelah Anda mengetahui berbagai khasiatnya bagi tubuh, tentunya Anda berminat untuk segea mencoba memasaknya bukan?

Ikan sidat, masapi, sugili, uling, moa atau pelus sering dijumpai di sungai sawah dan empang serta dibudidayakan. Jenis ikan yang satu ini mirip belut, licin dan panjang. Yang membedakannya, ikan ini bertelinga. Dagingnya lembut gurih dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting untuk anak-anak.

Ikan sidat atau ordo Anguilliformes dapat diolah menjadi berbagai masakan, digoreng tepung atau dibakar. Karena kandungan nutrisinya, sidat sangat digemari di Jepang. Biasanya dijadikan topping sushi atau unagi.

Ikan ini berkembang biak di air laut dan membesar di air tawar seperti sungai, rawa dan danau. Di perairan Indonesia ada enam jenis ikan sidat, yaitu Anguilla mormorata, Anguilla celebensis, Anguilla ancentralis, Anguilla borneensis, Anguilla bicolor bicolor dan Anguilla bicolor pacifica.

Ikan sidat atau mengandung vitamin B1, B2 dan A yang jumlahnya lebih banyak dari susu sapi. Kandungan zinc dan DHA nya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta fungsi otak terutama untuk kecerdasan anak.

Kandungan antioksidannya dapat menambah imunitas, menghilangkan racun dan memperlambat penuaan. Karena itu, sidat disebut juga sebagai ginseng air. Di Jepang, ikan sidat dipercaya sebagai makanan pembangkit vitalitas.

Jika ingin membelinya, kini sudah banyak tersedia di swalayan. Khusus untuk unagi bisa dibeli dalam bentuk siap makan karena sudah dibersihkan dan dibumbui.

Penelitian menemukan bahwa kandungan vitamin dan mikronutrien dalam ikan sidat sangat tinggi, di antaranya:
1). vitamin B1, 25 kali lipat susu sapi
2). vitamin B2, 5 kali lipat susu sapi
3). vitamin A, 45 kali lipat susu sapi,
4). kandungan zinc (emas otak) 9 kali lipat susu sapi.

1. Mengandung berbagai asam lemak tak jenuh yang tinggi yang tak ada pada hewan lainnya, sehingga dapat merupakan makanan utama yang memenuhi nafsu makan manusia, tanpa perlu kuatir badan akan menjadi gemuk. Rasa ikan sidat harum dan enak.

2. Disebut sebagai “ginseng air”, fungsinya dalam memperpanjang umur dan melawan kelemahan dan penuaan tak ternilai. Sidat memiliki kandungan nutrisi protein, karbohidrat, serta omega 3 yang tinggi. Sehingga menguatkan fungsi otak dan memperlambat terjadinya kepikunan. Ikan sidat mempunyai kandungan asam lemak Omega 3 tinggi, yakni sekitar 10,9 gram per 100 gram. Omega 3 ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi manusia. Zat yang banyak terdapat dalam lemak sidat ini juga terbukti mampu mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan atau schizophrenia. Mengkonsumsi ikan sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilankan racun tubuh, serta memperlambat penuaan.

3. Teknologi menemukan bahwa daya hidup ikan sidat yang ajaib bersumber dari tulang sum-sumnya yang besar dan kuat. Penelitian modern menunjukkan bahwa tulang sum-sum ikan sidat mengadung beratus-ratus jenis zat bergizi, gizi dan nilai farmakologinya yang istimewa telah mendapat perhatian yang luas dari para pakar.

4. Sudah banyak terbukti, mengkonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Juga memperbaiki sikulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal, mengobati pembuluh darah otak.

5. Banyak orang merasakan manfaat mengkonsumsi ikan sidat untuk penyakit rabun jauh, rabun dekat, glukoma dan penyakit mata kering di sebabkan karena mata terlalu lelah.

6. Minyak Ikan sidat dibuat dari ekstrak sum-sum ikan sidat segar, mengandung tiga jenis nutrient penting yaitu: asam lemak omega 3 (DHA & EPA) , Phospholipids dan antioksidan Vitamin E.

Ikan Sidat merupakan sumber protein yang lebih baik dibanding hewan ternak lainnya karena rendahnya kadar kandungan kolestrol. Ikan sidat salah satu jenis hewan yang potensial untuk dikembangkan. Sebagian besar masyarakat di Indonesia menyebut jenis ikan ini dengan nama yang berbeda-beda, misalnya Sumatera menyebutnya sogili, Betawi menyebutnya moa, Sunda menyebutnya lubang, Jawa Tengah menyebutnya pelus, dan ada juga yang menyebut dengan belut bertelinga karena bentuknya mirip dengan belut.

Tetapi, hanya saja ikan ini memiliki ukuran yang lebih besar dan memilki semacam telinga atau sirip di bagian telinga. Ikan ini hidup di air tawar dan air asin (laut). Ikan sidat yang bisa hidup di dua alam yang berbeda yaitu air tawar dan air laut yang menjadikan ikan tersebut istimewa. Karena proses yang hidup di dua tempat tersebut menjadikan ikan sidat memiliki keunggulan gizi. Kandungan gizi yang ada dalam ikan sidat dibanding dengan daging lainnya, termasuk ikan salmon yang sampai saat ini diklaim memiliki kandungan gizi paling baik. Melihat jenis ikan ini pasti banyak yang jijik, tetapi setelah tahu khasiat yang ada dalam ikan sidat orang tidak bisa membayangkan rasa jijiknya.Ikan sidat ini mempunyai banyak keunggulan, dagingnya yang lembut dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit kulit. Di Jepang dan Eropa ikan sidat digemari karena banyak mengandung vitamin A. Beberapa manfaat ikan sidat untuk kesehatan yaitu:

1. Menurunkan kandungan lemak jahat dalam darah,

2. Menghindari penyakit aterosklerosis dan mengurangi keletihan,

3.Mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar,

4. Meningkatkan daya ingat,

5.Memperbaiki sirkulasi kapiler,

6.Mempertahankan tekanan darah normal,

7.Mengobati pembuluh darah otak, rabun jauh, rabun dekat, glaukoma, dan penyakitmata kering akibat kelelahan,

8.Meningkatkan imunitas tubuh sebagai antioksidan.

Ikan sidat atau dikenal dengan unagi bukanlah makanan biasa tetapi merupakan makanan termahal yang ada di Jepang. Bagi masyarakat Jepang ikan sidat dipandang sebagai masakan kehoramatan karena disajikan untuk tamu istimewa dan terhormat. Lain halnya di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya belum mengenal ikan sidat ini. Padahal kebanyakan spesies ini berada di Indonesia, dapat kita temui wilayah yang menjadi pengembangan benih ikan sidat yaitu Poso, Sorong Barat, dan Pelabuhan Ratu. Memang benar jika dikatakan bahwa kekayaan kelautan dan perikanan di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Buktinya salah satu spesies ikan kegemaran orang Jepang yaitu ikan sidat atau unagi, yang kebanyakan berada di perairan Indonesia. Sehingga benih ikan sidat yang bisa hidup di air tawar dan asin menjadi incaran para pengusaha perikanan di Jepang.

Karena harganya yang tergolong “Wah” dan cukup merogoh kantong. Harganya per kilo saja mencapai ratusan ribu rupiah tergantung jenis ikannya. Misalnya, ikan sidat jenis marmorata apabila kita ingin membeli harus menyediakan uang sejumlah Rp 300.000. Tetapi, ada juga yang di jual seharga Rp 150.000 per kilo yaitu jenis bacilor. Saat ini untuk pembudidayaan ikan sidat, benihnya hanya didatangkan dari alam. Tetapi, tidak semua benihnya bisa dimanfaatkan karena banyak nelayan yang belum mengerti cara menangkapnya. Nelayan yang sudah memiliki kemampuan untuk menangkap benih ikan sidat hanya nelayan yang berada di Pelabuhan Ratu. Karena wilayah ini memiliki paling dan muara sungai yang mengalir ke laut. Sekarang ini masalah yang dihadapi oleh pembudidaya ikan sidat adalah masalah daya saing yang ketat dengan produsen lainnya. Negara yang sudah mampu membudidayakan ikan sidat adalah Vietnam dan Korea, begitu juga Jepang. Tetapi, negara-negara tersebut membudidaya dan benihnya pun juga dari Indonesia. Padahal, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah melindungi ekspor benih ikan sidat dengan alasan untuk melindungi spesies dan meningkatkan nilai tambah dalam negeri. Apabila penyelundupan tersebut bisa diatasi, maka produksi ikan sidat sangat diandalkan sebagai nilai tambah bagi pembudidaya dalam negeri termasuk menambah devisa negara. Setelah mengetahui berbagai manfaat dari ikan sidat, lalu masikah kita akan melupakan ikan sidat ini ??? Apalagi Jepang yang melirik Indonesia sebagai penyuplai ikan sidat bagi kebutuhan mereka karena ikan ini masih terjaga kondisinya di perairan Indonesia. Jadi, masihkah kita menyia-nyiakan ataupun melupakan anugerah yang hebat ini ????

10 Manfaat Daging Lindung Bagi Tubuh

Tahukah anda hewan lindung? Ya, lindung atau yang lebih umum dikenal dengan nama belut, adalah sekelompok ikan yang bentuknya menyerupai ular. Hewan ini bersifat pantropis atau dapat ditemukan di semua tempat beriklim tropis. Jika dilihat sekilas, hewan ini mirip dengan ikan sidat dan tidak jarang tertukar apabila tidak melihat dengan seksama.

Perbedaan Lindung dan Ikan sidat

Perbedaan yang jelas pada belut (lindung), dengan ikan sidat terdapat pada siripnya. Lindung sama sekali tidak memiliki sirip kecuali sirip ekor yang sedikit tereduksi, sedangkan ikan sidat masih memiliki sirip yang cukup jelas. Semua belut adalah pemangsa, mereka memangsa ikan, katak, dan udang-udangan kecil.

Seringkali orang merasa geli hingga jijik ketika harus memegang langsung hewan ini dengan tekstur fisik yang berlendir. Padahal lendir lindung dikeluarkan ketika ia merasa terancam atau merasa sedang dalam bahaya. Meskipun tampak menggelikan, tahukah anda manfaat yang dikandung si ikan tak bersirip ini? Mari kita lihat apa saja manfaat daging lindung ini :

1. Penambah Stamina

Jika kita lihat pada kandungan nilai gizinya, lindung adalah hewan yang mempunyai nilai kalori yang tinggi, yaitu 303 kkal / 100 gram dagingnya. Nilai ini jauh lebih tinggi apabila kita bandingkan dengan nilai kalori pada manfaat telur yang bernilai 162 kkal / 100 gram (tanpa kulit) dan daging sapi yang mempunyai nilai kalori 207 kkal / 100 gram daging. Karena tingginya nilai kalori yang dimiliki ikan tak bersirip ini maka daging belut ini sangat baik digunakan sebagai pasokan energi pada tubuh kita yang akan memberikan kita tambahan stamina yang baik juga bagi tubuh kita.

2. Sumber Protein

Selain nilai kalori nya yang tinggi, daging lindung juga memiliki nilai protein yang hampir setara dengan manfaat daging sapi. Nilai protein yang dimiliki daging lindung ialah 18,4g / 100 gram daging, sedangkan daging sapi memiliki 18,8g / 100 gram daging. Akan tetapi nilai ini lebih tinggi daripada nilai protein yang dimiliki telur yakni sebesar 12,8g / 100 gram.

Sama seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada lindung juga sangat tinggi sehingga sangat sesuai untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dimulai dari bayi hingga usia lanjut. Selain itu, asam amino pada protein yang dimiliki lindung juga memiliki kualitas yang baik, seperti :

  • leusin
  • asam aspartat
  • asam glutamat

Seperti yang kita tahu, leusin merupakan asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

3. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Lindung kaya akan fosfor dengan nilai, 2 kali lipat dari yang dimiliki telur. Fosfor adalah elemen penting pada pembentukan massa tulang, tanpa posfor kalsium tak akan dapat membentuk massa tulang. Fosfor juga berfungsi sebagai pemberi energi pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, serta untuk penyerapan dan pemakaian kalsium.

Fosfor ini juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena baik bagi pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu, ini yang menjadi salah satu penyebab tulang keropos pada ibu hamil. Maka dengan asupan fosfor yang melimpah dari lindung, akan menjadi asupan yang baik bagi tulang kita.

4. Mencegah Anemia dan Meningkatkan

Kekuarangan zat besi adalah salah satu penyebab anemia. Tapi dengan kandungan zat besi pada manfaat daging lindung, dapat mengatasinya. Daging lindung emiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yaitu 20mg / 100 gram daging. Nilai ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan zat besi yang terdapat pada telur dan daging yaitu sekitar 2,8mg /100 gram.

Selain itu, zat besi juga berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut selanjutnya berfungsi untuk mengoksidasi lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk aktivitas tubuh kita.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel-sel Kanker Payudara dan Memelihara Kesehatan Otot

Kandungan arginin pada lindung cukup baik. Uji laboratorium menunjukkan bahwa Arginin (asam amino nonesensial) berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain itu arginin ini mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia yang dikenal dengan sebutan Human Growth Hormone (HGH). HGH ini dapat membantu meningkatkan kesehatan otot kita.

6. Pemelihara Sel Epitel dan Kesehatan Mata

Kandungan manfaat vitamin A pada lindung mencapai 1.600 SI / 100 gram. Vitamin A ini baik untuk digunakan sebagai pemelihara sel epitel. Sel epitel adalah sel-sel yang memberikan lapisan pelindung organ, baik itu organ internal maupun eksternal. Di samping itu, vitamin A juga sangat diperlukan oleh tubuh karena peranannya yang sangat besar dalam pertumbuhan dan penglihatan.

7. Memelihara Metabolisme Tubuh

Selain kaya akan vitamin A, lindung juga kaya akan manfaat vitamin B. Vitamin B ini ini membantu enzim sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B juga sangat penting bagi otak agar otak dapat berfungsi secara normal. Fungsi lain dari vitamin B adalah untuk membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

8. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Seperti halnya pada jenis manfaat ikan lainnya, lindung juga mengandung asam lemak omega 3 yang berkhasiat untuk tubuh kita. Kadar omega 3 pada lemak ikan termasuk belut, sangat bervariasi tergantung kepada jenis, usia ikan, ketersediaan makanan, dan daerah penangkapan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa bagian tubuh ikan memiliki lemak dengan komposisi omega 3 yang berbeda-beda. Kadar omega 3 terbagi pada beberapa bagian bagian:

  • kepala sekitar 12 persen
  • dada 28 persen
  • daging permukaan 31,2 persen
  • isi rongga perut 42,1 persen (berdasarkan berat kering ikan).

Manfaat omega 3 pada daging lindung ini diantaranya adalah menurunkan resiko penyakit jantung karena asam lemak omega 3 membuat organ arterial menjadi lebih elastis.

9. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Manfaat daging lindung pun ternyata dapat menurunkan resiko terkena diabetes melitus tipe 2. Tentu saja masih berkat kandungan omega 3 pada daging lindung ini. Kandungan Omega 3 ini mampu untuk menjaga kadar glukosa dalam darah yang tidak terkendali menjadi stabil. Tentu saja penurunan resiko ini juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat serta asupan makanan lain yang seimbang.

10. Perawatan Kulit

Banyaknya kandungan Vitamin A pada lidung, lindungt pun dipercaya dapat menyehatkan dan merawat kulit, karena kemampuan vitamin A untuk merawat sel epitel yang merupakan komposisi utama pada kulit manusia. Bukan hanya dikonsumsi dalam bentuk daging.

Bahkan saat ini pun marak yang menjual khasiat lindung ini dalam bentuk minyak. Minyak lindung yang berasal dari daging lindung, dikatakan memiliki antioksidan AKGs yang dapat menembus dan masuk ke dalam sel dan menghilangkan racun yang sering kita sebut radikal bebas yang berasal dari lingkungan sekitar. Sehingga kulit akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Efek Samping Daging Lindung

Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari daging belut ini. Akan tetapi sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, begitu juga dengan daging belut ini. Meskipun kandungan gizinya tinggi, kandungan lemak pada belut pun ternyata cukup tinggi, yaitu mencapai 27g / 100 gram daging belut. Nilai ini lebih tinggi jika bandingkan dengan lemak pada telur yaitu 11,5g / 100 gram telur, dan lemak pada daging sapi yaitu 14g / 100 gram daging.

Tingginya lemak pada belut ini dapat kita hindari dengan cara pengolahannya. Kurangi efek buruknya dengan mengolah belut dengan cara dipanggang atau direbus, bukan digoreng.

Jenis ikan yang satu ini berbadan licin dan panjang. Banyak terdapat di sawah dan empang serta dibudidayakan. Dagingnya lembut gurih dan mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting untuk anak-anak.

Ikan sidat atau ordo Anguilliformes disebut juga sebagai ikan bertelinga atau ginseng air. Dapat diolah menjadi berbagai masakan, digoreng tepung atau dibakar. Karena kandungan nutrisinya, sidat sangat digemari di Jepang. Biasanya dijadikan topping sushi atau unagi.

Ikan ini bertubuh licin, besar dan panjang sekitar 50-125 cm, mirip seperti ular. Tiga sirip di tubuhnya terdapat di punggung, dubur dan ekor. Gerakannya yang gesit, dapat melalui celah-celah sempit dan lubang di dasar perairan.

Berkembang biak di air laut dan membesar di air tawar seperti sungai, rawa dan danau. Di perairan Indonesia ada enam jenis ikan sidat, yaitu Anguilla mormorata, Anguilla celebensis, Anguilla ancentralis, Anguilla borneensis, Anguilla bicolor bicolor dan Anguilla bicolor pacifica.

Seperti yang dilansir dari situs djpb.kkp.go.id, sidat atau belut mengandung vitamin B1, B2 dan A yang jumlahnya lebih banyak dari susu sapi. Kandungan zinc dan DHA nya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta fungsi otak terutama untuk kecerdasan anak.

Kandungan antioksidannya dapat menambah imunitas, menghilangkan racun dan memperlambat penuaan. Karena itu, sidat disebut juga sebagai ginseng air. Di Jepang, ikan sidat dipercaya sebagai makanan pembangkit vitalitas.

Jika ingin membelinya, kini sudah banyak tersedia di swalayan. Khusus untuk unagi bisa dibeli dalam bentuk siap makan karena sudah dibersihkan dan dibumbui. (odi/dyh)

Detail Pemesanan

Manfaat Sidat
Manfaat Sidat
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya