BLANTERTOKOv105
1657097087481552441

Kandungan Kimia Bawang Sabrang dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Kandungan Kimia Bawang Sabrang dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Khasiat dari bawang sabrang sendiri sebenarnya tidak lain karena kandungan kimia bawang sabrang yang terdapat di dalamnya. Kandungan senyawa kimia alami yang terdapat pada bawang sabrang atau bawang dayak ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Saat ini, banyak orang yang mengkonsumsi obat-obatan atau multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh. Akan tetapi, mengkonsumsi obat-obatan kimia sintetis berbeda dengan obat-obatan alami. Banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan jika kita mengkonsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang. Maka dari itu, tak sedikit masyarakat Indonesia yang kini sudah mengerti arti pentingnya obat herbal alami dari bahan-bahan yang terdapat di alam.

 

Kandungan Senyawa Kimia Pada Bawang Sabrang

Salah satu tanaman obat herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh adalah bawang sabrang. Bawang sabrang atau bawang dayak ini merupakan bawang atau tanaman sejenis umbi-umbian yang berasal dari Kalimantan Barat. Kandungan kimia bawang sabrang merupakan faktor utama yang membuatnya memiliki banyak khasiat yang berguna. Adapun beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada bawang sabrang/dayak seperti berikut ini:

Alkaloid

Senyawa alkaloid merupakan salah satu senyawa yang bisa memiliki sifat basa, senyawa ini memiliki kandungan atom nitrogen yang berasal baik dari hewan maupun tumbuhan. Pada umumnya senyawa alkaloid sendiri terdiri dari beberapa macam dari yang memiliki struktur sederhana hingga berstruktur rumit. Namun, alkaloid yang terdapat pada bawang sabrang merupakan salah satu senyawa yang berkhasiat bagi tubuh yaitu sebagai antimikroba.

Flavonoid

Salah satu kandungan kimia bawang sabrang sejenis fenol ini disebut juga dengan nama senyawa flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa pewarna kimia alami yang berasal dari alam. Senyawa flavonoid yang terdapat dalam bawang sabrang ini memiliki banyak bioaktivitas yang dapat bermanfaat sebagai anti-virus, anti kanker, anti-diabetes, obat anti depresi dan juga sebagai diuretik.

Glikosida

Senyawa glikosida yang terdapat pada bawang sabrang adalah senyawa yang tersusun dari senyawa glikon atau gula dan juga senyawa lainnya seperti genin maupun aglikon. Senyawa glikon itu sendiri terdiri dari fruktosa, glukosa, manosa, galaktosa, dan laktosa. Glikosida sendiri berguna sebagai obat kolesterol alami, obat kanker, serta menjaga daya tahan tubuh, dan masih banyak sekali manfaat yang terdapat dalam glikosida ini. Senyawa glikosida biasanya berupa amorf atau berbentuk seperti kristal.

Saponin

Satu lagi kandungan kimia bawang sabrang adalah senyawa saponin. Saponin termasuk ke dalam salah satu senyawa glikosida yang bersifat kompleks. Saponin sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu saponin steroid dan saponin triterpenoid.

Tanin

Tanin yang terdapat pada bawang sabrang sendiri memiliki banyak khasiat sebagai anti diare yang bisa mengurangi proses masuk dan keluarnya cairan yang ada di dalam usus, sebagai anti diare, sebagai antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh, dan juga sebagai antidotum atau penawar racun.

Ya, itulah beberapa kandungan kimia bawang sabrang beserta manfaatnya bagi tubuh untuk Anda semua.

Detail Pemesanan

Kandungan Kimia Bawang Sabrang dan Khasiatnya Bagi Tubuh
Kandungan Kimia Bawang Sabrang dan Khasiatnya Bagi Tubuh
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya