BLANTERTOKOv105
1657097087481552441

Cara Alami Trurunkan Kolesterol

Cara Alami Trurunkan Kolesterol

7 Tanaman Obat Kolesterol

7 Tanaman Obat Kolesterol – Kolesterol merupakan penyebab utama timbulnya berbagai macam penyakit pembunuh yang berbahaya ( silent killer) seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke dan sebagainya.

Nah melihat kondisi ini, berbagai cara dilakukan orang agar sembuh dan terhindar dari penyakit berbahaya akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Mulai dengan obat-obat sampai menggunakan terapi-terapi yang moderen. Pertanyaannya, apakah semua cara itu dapat dipastikan aman dan tidak akan menimbulkan masalah baru?

Sekedar  info, bahwa kadar kolesterol normal dan yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya dapat dilihat penjelasannya sebagai berikut:

Kurang dari 200 mg/dl

Ini merupakan ukuran kadar kolesterol normal. Artinya kolesterol total yakni jumlah dari kadar LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida kurang dari 200 mg/dl, dengan demikian risiko untuk terkena penyakit jantung tidak terjadi. Tapi Anda harus tetap menjaga pola makan sehat dan kurangi jenis makanan yang berlemak, serta harus rajin olahraga.

Berada di kisaran 200-239 mg/dl

Termasuk tingkat kolesterol yang cukup. Kalau memang kadar kolesterol kamu berada di kisaran 200-239 mg/dl, sebaiknya cek ke laboratorium untuk mengetahui detail dari kadar LDL, HDL, dan trigliserida.

Lebih dari 240 mg/dl

Ini adalah tingkat kolesterol yang beresiko tinggi. Kenapa demikian? Kondisi seperti ini sangat rentan terkena penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah berbahaya lainnya.

Kadar normal kolesterol HDL

Kadar HDL normal untuk pria berkisar antara 40-50 mg/dl, dan antara 20-60 mg/dl untuk wanita. Jika kadar HDL semakin tinggi, maka semakin kecil pula resiko terkena penyakit jantung.

Kadar normal kolesterol LDL

Sebaliknya, semakin sedikit kadar LDL dalam darah, maka semakin kecil resiko terkena penyakit jantung. Pada umumnya, kadar LDL terbagi dalam kategori sebagai berikut;

  • < 100 mg/dl = sangat bagus
  • Antara 100-129 mg/dl = normal
  • Antara 130-159 mg/dl = cukup
  • Antara 160-189 mg/dl = tinggi
  • > 190 mg/dl = sangat tinggi

Kadar normal trigliserida

Apa itu trigliserida? Trigliserida adalah semacam lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ tubuh. Lemak ini akan sangat memengaruhi kadar kolesterol, artinya jika trigliserida naik maka kadar kolesterol juga akan naik.

Kadar trigliserida terbagi menjadi beberapa kategori, yakni :

  • < 150 mg/dl = bagus
  • 150-199 mg/dl = normal
  • 200-499 mg/dl = tinggi
  • 500 mg/dl = sangat tinggi

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol?

Seperti dijelaskan sebelumnya. Bahwa cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol adalah dengan cara menjaga pola makan sehat dan rajin olahraga. Disamping itu, cara-cara herbal juga dapat Anda jadikan solusi alternatif untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil dan terkontrol. Bagaimana caranya? Coba komsumsi salah satu dari 7 ramuan herbal yang dianjurkan di bawah ini, dan pastikan bahan-bahan ramuan yang akan digunakan mudah diperoleh di tempat Anda.

Tanaman Obat Kolesterol 1

Bahan

  • Daun teh hijau 7 gram
  • Air panas 1 gelas

Cara Membuat

  • Seduh daun teh hijau dengan air panas, tutup dan biarkan selama 10 menit.
  • Minum ramuan herbal teh selagi hangat.

Tanaman Obat Kolesterol 2

Bahan

  • Daun salam segar 20 lembar
  • Air bersih 600 ml

Cara Membuat

  • Cuci sampai bersih daun salam segar. Setelah itu rebus dengan air bersih, biarkan hingga airnya tersisa 200 ml. Angkat, dinginkan, lalu saring.
  • Minum herbal kolesterol ini 2 x 1 hari.

Tanaman Obat Kolesterol 3

Bahan

  • Bawang putih segar 3 siung
  • Air hangat 150 ml

Cara Membuat

  • Cuci sampai bersih bawang putih, tumbuk sampai halus. Seduh dengan air hangat.
  • Minum herbal bawang putih 2 x 1 hari.

Tanaman Obat Kolesterol 4

Bahan

  • Buah alpukat masak ½-1½

Cara Membuat

  • Ambil buah alpukat masak, lalu makan setiap hari. Pengolahan menurut selera masing-masing.

Tanaman Obat Kolesterol 5

Bahan

  • Temulawak segar 30 gr
  • Sambiloto
  • Air bersih 600 ml

Cara Membuat

  • Cuci sampai bersih herbal sambiloto dan temulawak. Kemudian jemur sampai kering. Kupas temulawak, iris seperlunya. Ambil sambiloto kering sebanyak 15 gr. Setelah itu rebus dengan air bersih, biarkan hingga airnya tersisa 300 ml. Angkat, dinginkan, lalu saring.
  • Minum ramuan penurun kolesterol 2 x 1 hari secara rutin.

Tanaman Obat Kolesterol 6

Bahan

  • Temulawak 1 jari
  • Air panas 1 gelas

Cara Membuat

  • Tumbuk halus temulawak, seduh dengan air panas, tutup dan biarkan sebentar, saring.
  • Minum ramuan penurun kolesterol ini selagi hangat.

Tanaman Obat Kolesterol 7

Bahan

  • Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) masak 3 buah
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  • Cuci sampai bersih buah mengkudu. Setelah itu jadikan jus mengkudu.
  • Minum herbal mengkudu 2 x 1 hari. Lakukan secara rutin.

Untuk langkah pencegahan, anda bisa mengubah pola makan menjadi pola makan sehat seperti yang dianjurkan oleh praktisi kesehatan. Hindarilah jenis makanan yang berlemak seperti makanan yang digoreng atau daging-dagingan sebagai cara mencegah kolesterol tinggi.

Perbanyak sayur dan buah-buahan sebab kandungan serat dalam sayur dan buah mampu melarutkan kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsilah air putih setidaknya 2 liter setiap harinya.

Telah Mereview 12 Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh Beserta Penjalasannya Di Bawah Ini
Tapi sebelum ke topik utamanya, kami akan menjelaskan dulu seputar pengertian kolesterol tinggi.
Pengertian Kolesterol Tinggi
Kolesterol Tinggi adalah kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah yang melebihi batas normal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berliln yang sebagian besarnya diproduksi oleh hati dan sebagaiannya didapatkan dari makanan.
Kondisi kolesterol Tinggi dapat meningkatkan risiko anda terkena berbagai jenis penyakit yang sangat serius. Penyakit yang umum mengintai para penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya kolesterol yang berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.
Makanan Penurun Kolesterol Tinggi
1. Bayam ~ Bayam adalah sayuran yang mengandung zat lutein yang dipercaya baik untuk kesehatan pada mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Sayuran bayam merupakan sayuran yang mempu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan anda hanya cukup mengkonumsinya dengan rutin dan bisa di jadikan sayur atau bisa dengan cara jus bayam, selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cepat, bayam juga bisa menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.
2. Bunci ~ Sayuran ini memiliki kadar lemak yang rendah ( mengandung lemak jenuh ganda ) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita seperti diabetes atau resistensi insulin. Mengkonsumsi jus buncil satu gelas sehari akan membantu kadar kolesterol yang jahat.
3. Kedelai ~ Kadan kedelai adalah makanan yang sering menjadi olahan lain seperti tahu, tempe susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh, kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat.
4. Beras Merah ~ Beras merah mengandung Vitamin B, Selium, Magnesium dan Fitonutrien. Beras merah dapat dikonsumsi untuk menurunkan lemak darah. Kandungan serat tinggi beras merah juga membantu menurunkan gula darah.
5. Gandum ~ Merupakan sereal yang bergizi sebagai penurun kolesterol trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan oleh gandum dan hanya cukup mengkonsumsi gandum dengan rutin dapat menurunkan kolesterol tinggi. Gandum dapat kita temukan pada roti yang berkomposisi gandum.
6. Biji Bunga Matahari ~ Biji Bunga Matahari yang sering kita sebut kuaci ini termasuk makanan penurun kolesterol tinggi karena mangandung sterol yang akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
Selain makanan makanan di atas, buah buahan juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dalam menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini ada beberapa buah buahan yang memiliki kandungan dan kegunaan menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Konsumsi buah terutama yang mengandung VitaminC dan Beta-Karoten sangat diperlukan untuk diet kolesterol. Buah buahan yang dimaksud adalah buah dari kerluarga berry seperti Strawberry, Cranberry, Blueberry, selain dari keluarga berry juga ada buah buahan lain yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh yaitu Jeruk, Anggur, Mangga, Jambu Merah dan Apel.
Buah Buahan Penurun Kolesterol Tinggi
1. Alpukat ~ Alpukat adalah buah buahan sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak ini yang membantu meningkatkan kadar kolesterol ( HDL ), dan menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Buah alpukat mengantung Beta-Sterol sejenis nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat bisa dibuat menjadi jus karena selain banyak terdapat lemak baik seperti asam linilat, lemat tak jenuh, serta serat buah yang akan meningkatkan kolesterol baik.
2. Buah Anggur ~ Anggur memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Anggur mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol tinggi.
3. Tomat ~ Buah Tomat adalah sumber likopen yang akan mengirangi kadar kolesterol jahat ( LDL ). Tomat juga bisa dimakan segar, dan dibuah menjadi jus atau bahkan dalam bentuk sip. Tomat juga bisa dimakan untuk penderita maag kronis yang akan sangat membantu.
4. Buah Mangga ~ Mengga mengandung banyak serat prebiotik yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain serat, ada juga pectin dan vitamin C yang mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C ini akan mencegah kolesterol jahat teroksidari, sehingga penumpukan plak dalam pembuluh darah bisa dihindari.
5. Jambu Merah ~ Jambu Merah merupakan buah penurun kolesterol yang baik. Hal ini karena jambu merah mengandung banyak citamin dan senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E, Karotenoid dan Selenium. Antioksidan Flavonoid dikenal baik mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.
Hail penelitian menujukan mengkonsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dengan dosis takaran yang teratur mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 52.64% dari total dan 82.23%. Artinya khasiat jambu merah tidak kalah dengan 3,6mg simvastatin per kg bobot tubuh.
6. Jeruk Nipis ~ Jeruk Nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol jahat, sehingga otomatis akan mengurangi risiko serangan jantung. Selain pada jeruk nipis, flavonoid juga banya ditemukan pada teh, tomat, brokoli, keledai, delima, dan bawang bawangan seperti bawang merah dan bawang bombay.
Makanan Pemicu Tingginya Kolesteril ( Makanan Yang Harus Dihindari )
Bila anda sudah berusia lebih dari 50 tahun anda perlu memiliki dan menjaga pola makan yang tidak sehat. Penerita perlu menghindari lemak jenuh, atau lemah yang ada pada daging merah. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makanan seperti berikut ini :
  • Daging Kambing
  • Ukan Laut, Seafoog Seperti Cumi – Cumi, Kepiting, Udang, Kerang Dan Siput )
  • Makanan Bersantan
  • Jeroan
  • Keju
  • Mentega
  • Coklat Dan Susu
  • Kuning Telur
  • Telur Burung Puyuh
Efek Akibat Kolesterol Tinggi
Kadar Kolesterol tinggi yang tidak sesuai dengan batas normal. Pada saat kolesterol tinggi maka kolesterol akan membuat arteri makin menyempit, dan membuat aliran darah bisa terhambat. Hal ini akan mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh. Kolesterol berlebihan bisa memicu penyakit lainya seperti :
  • Darah Tinggi
  • Penyakit Jantung
  • Stroke
  • Batu Empedu
  • Diabetes Melitus Tipe 2
  • Gangguan Sistem Pencernaan
  • Disfungsi Ereksi
Tips Dan Rekomendasi Pengobatan Kolesterol Tinggi
Penderita kolesterol tinggi perlu memperhatikan asupan dan pola makanan dan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Makanan penurun kolesterol tinggi dapat disajikan dalam menu makanan sehari hari. Sajian menu dengan gizi seimbang, mengutamakan sayuran dan buah buaha yang banyak mengandung serata, merupakan solusi sederhana menurunkan kadar kolesterol tinggi dan jahat dari tubuh.

Detail Pemesanan

Cara Alami Trurunkan Kolesterol
Cara Alami Trurunkan Kolesterol
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya