BLANTERTOKOv105
1657097087481552441

Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Operasi

Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Operasi

Setiap orang yang baru selesai operasi pasti selalu meninggalkan bekas luka yang butuh waktu beberapa lama untuk hilang. Lama tidaknya luka operasi tersebut sembuh tergantung pada tiap individu yang mendapatkan luka tersebut. Dalam kondisi normal, luka pasca operasi ini bisa sembuh dalam waktu enam minggu. Hal itu bisa lebih lama jika individu memiliki penyakit lain seperti gula, kencing manis dan penyakit yang lain. Meskipun begitu operasi entah itu operasi caesar, operasi bekas kecelakaan, jahitan, dan operasi yang lain, mereka tetap membutuhkan perawatan yang tidak boleh sembarangan jika ingin cepat sembuh.

Dalam artikel kali ini saya akan memberi tahu beberapa cara untuk membuat luka operasi cepat sembuh dan beberapa makanan yang sebaiknya anda konsumsi selama proses penyembuhan luka operasi. Setelah melakukan beberapa perawatan terhadap luka pasca operasi, dibutuhkan termasuk makanan yang mengandung kebutuhan nutrisi manusia yang berguna untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka operasi. Berikut adalah beberapa makanan yang membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi :

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan Flavonoid

Vitamin C dan Flavonoid adalah dua zat yang sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka pasca operasi. Hal ini karena 2 zat tersebut mengandung jaringan ikat yang mampu membantu menunjang penyembuhan luka. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C dan flavonoid :

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah dari keluarga berry. Buah ini memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan baik untuk tubuh. Selain flavonoid, di dalam blueberry juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi otak dari penyakit alzheimer. Selain itu juga terkandung senyawa bernama D-mannose yang mampu membantu mencegah infeksi saluran kencing.

2. Teh Hijau

Teh hijau atau yang biasa disebut green tea adalah salah satu jenis teh yang mengandung flavonoid. Teh hijau mampu membantu menyembuhkan luka pasca operasi. Selain mengandung flavonoid, teh hijau juga mengandung polyphenol yang mampu mencegah inflamasi dan kanker.

3. Coklat

Di dalam coklat juga terdapat kandungan flavonoid yang cukup untuk membantu menyembuhkan luka pasca operasi. Dalam coklat selain terdapat flavonoid, terdapat juga zat yang mampu membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Akan tetapi, hanya coklat hitam yang memiliki kandungan flavonoid yang cukup untuk tubuh.

4. Bilberry

Bilberry juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan flavonoid yang cukup untuk tubuh. Selain memiliki flavonoid di dalamnya, bilberry juga memiliki kandungan buah yang mengandung vitamin C kompleks.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan flavonoid tinggi yang mampu membantu menutup luka pasca operasi. Asalkan dikonsumsi secara rutin dan cukup maka, brokoli mampu membantu anda menyembuhkan luka pasca operasi.

6. Paprika dan bayam

Dua sayuran ini memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk tubuh. Selai flavonoid, dua sayuran tersebut juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Baya juga merupakan makanan yang mengandung zat besi dan baik untuk produksi darah.

Makanan yang kaya Vitamin A

Vitamin A juga merupakan salah satu vitamin yang mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin A :

1. Wortel

Sudah menjadi pengetahuan bagi semua orang bahwa wortel adalah sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan baik untuk tubuh. Selain membantu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi, wortel juga berkhasiat menyembuhkan hipertensi (darah tinggi) dan nyeri akibat menstruasi.

Ketika seseorang mengalami penyakit yang membuat mereka terpaksa harus di operasi, orang yang sakit tersebut akan mengalami masa penyembuhan yang relatif lama setelah operasi. Setiap operasi pasti akan meninggalkan bekas luka yang lumayan membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya. Dalam kondisi normal, luka bekas operasi ini bisa sembuh dalam waktu ± 6 minggu. Hal itu bisa lebih lama jika seseorang tersebut memiliki penyakit lain seperti gula, kencing manis, dan penyakit lainnya.

Merawat luka jahitan atau luka bekas operasi bukanlah merupakan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya kesalahan disaat merawat luka tersebut dapat menimbulkan beberapa resiko yang cukup fatal seperti infeksi yang dapat berdampak lain pada luka tersebut.

Maka dari itu untuk Anda yang ingin cepat sembuh setelah operasi, lakukan cara ini dengan baik dan benar

Setelah operasi biasanya pasien memang masih memiliki keterbatasan dalam melakukan berbagai kegiatan fisik. Langkah perawatan dimulai dengan membiasakan diri merasa nyaman dengan luka bekas operasi. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan beberapa latihan fisik. Prosesnya memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan persalinan secara normal.

Namun, bagi Anda yang ingin cepat sembuh setelah operasi, Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini :

1. Melindungi luka jahitan dengan baik

Sangat disarankan bahwa luka jahitan atau operasi tersebut jangan sampai terkena air dalam waktu 24 jam setelah jahitan di proses. Hal tersebut memiliki tujuan untuk menghindari berbagai bakteri dan juga kuman agar tidak menempel pada luka jahitan tersebut, dan untuk menutupnya, gunakanlah perban atau kain kasa yang steril yang kemudian diberikan anti-biotik atau obat untuk luka yang memang disarankan oleh dokter. Tempelkan perban atau kain kasa tersebut secara perlahan dan rekatkan dengan menggunakan plester khusus.

2. Rutin membersihkan luka jahitan / luka operasi

Waktu yang tepat untuk membersihkan luka jahitan tersebut adalah ketika setelah selesai mandi atau membersihkan tubuh dan juga ketika akan beranjak tidur. Lakukan cara pembersihan yang di anjurkan oleh ahli medis atau dokter yang biasanya akan menggunakan cairan antibiotik khusus, hal tersebut bertujuan agar luka jahitan tetap steril dan terbebas dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Minum air putih yang banyak

Dehidrasi biasanya akan dialami oleh semua orang yang telah melakukan operasi. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tubuh Anda akan terhindar dari masalah dehidrasi.

4. Makan makanan yang sehat

Selain bagus untuk badan, makanan sehat seperi sayuran sangat bagus untuk sirkulasi darah tetap lancar. Dan menjaga kesetabilan tubuh dan memberikan nutrisi untuk tubuh agar cepat sembuh.

5. Istirahat atau tidur yang cukup

Kurang tidur akan mengganggu proses penyembuhan Anda. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup supaya tubuh bisa cepat pulih pasca operasi.

6. Lakukan pemeriksaan secara berkala

Sebaiknya periksakan diri Anda kepada Dokter secara berkala untuk memastikan bahwa luka bekas operasi sembuh dengan sempurna.

7. Mengkonsumsi Ekstrak Teripang Emas

Hewan laut teripang emas memang telah terbukti memiliki khasiat dan manfaat sangat baik untuk kesehatan. Sejak jaman dahulu teripang emas sudah dipercaya dan banyak digunakan untuk pengobatan segala penyakit termasuk untuk penyembuhan luka.

Teripang emas terbukti memiliki kandungan Protein tinggi yang sangat baik untuk menyembuhkan luka. Tidak hanya itu, teripang emas juga mengandung Zat Gamapeptide yang mampu menyembuhkan luka 3 kali lebih cepat dari obat penyembuh luka biasa, selain itu juga dapat menjaga & meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain memiliki kemampuan menyembuhkan luka dengan cepat, teripang emas juga sangat baik untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka operasi. Hal tersebut karena teripang memiliki kandungan Zat Antiseptik Alamiah yang bersifat antibakteri, antivirus, anti jamur, dan anti radang sehingga sangat efektif dalam mencegah dan mengatasi peradangan akibat infeksi.

Demikian beberapa cara cepat sembuh setelah operasi. Banyak cara lain yang sangat berguna bagi kesehatan setelah operasi. Yang terpenting adalah ruitn memeriksakan ke dokter atau kalau dipercaya bisa sembuh dengan baik tanpa dokter, maka sebaiknya harus menjaga kesehatan dan kebersihan luka agar cepat sembuh.

Cara Mengobati Luka Pasca Operasi Sampai Tuntas

Luka operasi merupakam sebuah luka pada kulit yang disebabkan oleh kepentingan tertentu misalkan untuk mengeluarkan bayi pada ibu hamil (operasi caesar), operasi pengangkatan usus buntu, operasi batu ginjal dan lain-lain. Memang dengan tindakan operasi proses penyembuhan suatu penyakit akan lebih cepat. Tapi perlu diketahui bahwa akan timbul masalah batu pada kesehatan Anda berupa efek samping pasca operasi itu sendiri.

Lalu apa saja bahaya pasca operasi ??

  • Perdarahan pada luka bekas operasi sering – Hal ini sering terjadi karena pelepasan jahitan sehingga mengakibatkan darah sulit membeku. Ini perlu diwaspadai karena apabila mengalami pendarahan yang terus menerus akan berakibat fatal yaitu kehilangan banyak darah.
  • Terbukanya jahitan pada luka bekas operasi –  Ini kemungkinan dapat terjadi pada luka bekas operasi apa saja. Hal ini dapat berakibat fatal karena akan membuat kedua lapisan kulit tidak menyatu dengan sempurna sehingga terjadi masalah-masalah infeksi seperti luka bekas operasi mengalami pendarahan, luka bekas operasi basah, bahkan mengeluarkan cairan kekuningan (nanah).
  • Komplikasi luka bekas operasi yang harus diwaspadai – Semua jenis tindakan operasi dapat mengakibatkan komplikasi yang buruk untuk kesehatan. Walaupun ada yang bersifat sementara dan tidak berbahaya, namun komplikasi dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda, diantaranya : Terbentuknya abses, kebingungan akut atau delirium, reaksi alergi, atelektasi basal atau kolaps (malafungsi paru), kehilangan darah, penyumbatan pencernaan atau terganggunya sistem pencernaan, luka tidak sembuh dengan baik, memar, berkurangnya produksi urin dan tubuh tidak mendapatkan pengganti cairan yang cukup, mual dan muntah, pneumonia (paru-paru basah), demam pasca operasi, luka tekan, pendarahan,  cedera bedah karena kerusakan jaringan yang tidak dapat dihindari, misalnya pada saraf area bedah, Infeksi luka atau pecahnya luka (jahitan jadi terlepas)
Hal ini, luka pasca operasi bukanlah masalah yang harus disepelekan, akan tetapi lebih baiknya lagi luka pasca operasi tersebut harus segera diobati agar terhindar dari komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. #Cara Cepat Untuk Mengeringkan Luka Pasca Operasi Secara Alami (Obat Luka Pasca Operasi)

Sekilas Tentang Luka Pasca Operasi

Cara Cepat Untuk Mengeringkan Luka Pasca Operasi Secara Alami (Obat Luka Pasca Operasi)
Ternyata operasi itu tidak semudah yang kita bayangkan, kebanyakan orang berpikir bahwa operasi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Itu pun tidak sepenuhnya benar, tetapi saja luka bekas sayatan pada perut menimbulkan rasa sakit sampai beberapa hari kedepan apabila reaski obat biusnya habis dan tetap perlu mendapatkan perawatan yang insentif untuk menghindari penginfeksian.

Biasanya luka pasca operasi ini lebih kecil berupa sayatan dan sudah silakukan penjahitan jaringan, sehingga luka tidak dalam kondisi terbuka. Untuk kondisi ini luka berada pada kondisi yang bersih sehingga yang harus ditekankan adalah perawatan luka selanjutnya juga harus mempertahankan kebersihannya, karena hal itu penting yang harus dilakukan agar luka segera sembuh.

Dalam arti luka merupakan terdapatnya hubungan antara dunia luar dengan bagian tubuh, dapat terjadi dimana saja. Luka operasi adalah luka yang sengaja dibuat untuk perbaikan jaringan dalam tubuh. Proses penyembuhan luka pasca operasi dapat berbeda tergantung pada :

  • Lokasi luka. Luka operasi berada pada persendian akan lebih lama sembuh dibandingkan luka yang tidak terletak di persendian. Begitu juga dengan luka yang berada pada ujung tubuh (seperti ujung kaki) lebih lama sembuh karena aliran dara yang lebih sedikit.
  • Ukuran, luka besar akan lebih lama sembuh
  • Kedalaman, luka yang lebih dalam membutuhkan waktu lebih lama dalam proses penyembuhan
  • Keadaan kesehatan penderita luka
  • Adanya komplikasi pada luka atau tidak

Penyembuhan luka pasca operasi memerlukan waktu sekitar 20 hari lebih untuk merawat luka pasca operasi. Perawatan luka pasca operasi sebaiknya diberikan anti septik sebagai pembersih bakteri agar terhindar dari infeksi. Karena apabila bekas luka pasca operasi tersebut terjadi infeksi dan salah penanganan makan dianjurkan untuk menjahit ulang, tentunya Anda semya tidak mau kan jika hal itu sampai terjadi.

Gejala Luka Pasca Operasi Yang Terinfeksi

Infeksi area bedah terjadi pada sekitar 20% dari seluruh kasus infeksi yang muncul dari layanan perawatan kesehatan dan merupakan komplikasi pasca operasi yang paling umum, diikuti dengan dehisensi luka pada luka melepuh. Sebuah studi di tahun 2008 menunjukkan bahwa setidaknya 5% dati seluruh pasien bedah mengalami kondisi SSI
(infeksi luka pasca operasi atau infeksi area bedah).

Beberapa jenis infeksi luka bersifat sederhana atau terbatas, namun ada yang bersifat kompleks atau rumit. Infeksi sangat mempengaruhi kualitasb hidup pasien, bahkan memicu resiko morbiditas dan moralitas yang sangat tinggi. Infeksi kompleks pun membuat pasien harus menambah masa perawatan di rumah sakit, sehingga memerlukan biaya yang lebih besar.

Gejala yang ditimbulakan oleh infeksi kompleks, antara lain :

  • Peradangan berat
  • Nyeri
  • Luka terpisah
  • Ekskudat berlebih
  • Kebocoran
  • Jaringan sekitar luka mengelupas
  • Luka melepuh
  • Luka operasi mengeluarkan nanah berwarna kuning, hijau atau keruh
  • Kemerahan yang tampak seperti sarang laba-laba atau benang
  • Kulit menonjol

Prosedur insisi dan drainase dimanfaatkan terutama untuk mengeluarkan organisme kausatif yang menyebabkan infeksi dan mengkontaminasi jaringan, termasuk memicu nanah. Saat nanah sudah tidak tersisa dan luka telah dibersihkan secara menyeluruh, kulit akan memulai proses pemulihan.

Perawatan Luka Pasca Operasi

Setelah operasi, setiap individu membutuhkan waktu untuk sembuh dari luka pasca operasi. Beberapa hal yang perlu dilakukan selama masa penyembuhan pasca operasi antara lain;

  • Istirahat yang cukup – Ini adalah salah satu hal paling sederhana yang kadang lupa dilakukan oleh orang yang baru selesai operasi. Setiap orang membutuhkan masa istirahat yang cukup setelah operasi. Hal itu harus benar-benar menjadi perhatian. Masa penyembuhan adalah masa yang rentan kembali terkena penyakit. Karena itulah istirahat yang cukup bisa membantu menyembuhkan luka pasca operasi.
  • Memperhatikan kebersihan luka – Ketika seseorang selesai melalui sebuah operasi, terkadang kebersihan luka pasca operasi itu kurang diperhatikan. Padahal itu adalah salah satu cara merawat luka pasca operasi agar luka tersebut cepat sembuh dan menutup. Hal-hal yang perlu dan wajib dilakukan adalah membersihkan luka operasi, mengganti secara rutin kassa yang digunakan untuk menutup luka tersebut agar tidak mengalami infeksi.
  • Tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat – Aktivitas yang terlalu berat mampu membuat luka pasca operasi yang sudah menutup itu membuka kembali. Karena itu, dianjurkan bagi setiap individu yang baru selesai operasi dan sedang dalam masa penyembuhan pasca operasi, untuk tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman – Pakaian yang longgar memberikan ruang pada luka anda sehingga tidak terlalu tertutup. Hal ini membantu proses penyembuhan luka tersebut.

Nah itulah beberapa cara untuk merawat luka pasca operasi  yang bisa Anda lakukan di rumah. Selama Anda menjaga kebersihan dan kekeringan luka, menjaga pola makan sehat dan bisa menahan diri untuk melakukan aktivitas-aktiviras yang berat maka luka pasca operasi akan segera sembuh dan juga terhindar dari resiko buruk.

Detail Pemesanan

Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Operasi
Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Operasi
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya