BLANTERTOKOv105
1657097087481552441

Manfaat Albumin Ikan Gabus Untuk Kesehatan Keluarga

Manfaat Albumin Ikan Gabus Untuk Kesehatan Keluarga

Ikan gabus merupakan ikan darat yang berukuran cukup besar, dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 m. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Masyarakat masih memiliki kesan bahwa makan ikan gabus sama halnya memakan ular. Memang, penampilan ikan kutuk mirip ular. Padahal ikan gabus mengandung albumin 6,2 persen dengan kandungan asam amino esensial dan asam amino non esensial yang lengkap dan berguna dalam penyembuhan pasien pasca bedah
Ikan gabus mengandung albumin yang lebih baik dari albumin telur. Fish Albumin Ikan Gabus dan terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka hingga 30 % (dari rerata 10 hari menjadi 7 hari). Albumin tersebut juga dapat menyembuhkan penyakit kanker hati dan hal itu yang telah dialami oleh Bapak Dahlan iskan CEO Jawa Pos.
Albumin, menurut Dahlan yang datang ke Universitas Brawijaya menggunakan helikopter pribadinya, merupakan salah satu obat yang berjasa ”menunda kematian” baginya. ”Saya tahu albumin tidak akan menyembuhkan saya, saya hanya membutuhkannya untuk menolong saya sembari menunggu donor hati”, kata dia.
Penelitian ikan Gabus sebagai obat penyembuh luka di Indonesia sangat minim. Publikasi penelitian ikan haruan untuk obat di Indonesia baru terpantau dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno. MS awal Januari 2003 lalu. Dengan penelitian yang mengungkap pemanfaatan ekstrak ikan gabus sebagai pengganti serum albumin yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka operasi.

Keyakinan masyarakat untuk banyak mengonsumsi ikan gabus sebelum operasi, ternyata bukan mitos belaka. Menurut penelitian, ikan gabus memang memiliki banyak albumin yang dapat memperbaiki jaringan-jaringan yang luka.

Kekurangan albumin atau hipoalbumin ditemukan pada pasien dengan kondisi medis kronis seperti penderita kanker, luka akibat pembedahan, luka bakar, gagal ginjal, penyakit hati, penyakit saluran cerna kronik, radang atau infeksi, dan diabetes melitus. Albumin bermanfaat untuk menstabilkan metabolisme di dalam darah.

“Dulu ketika orang mau operasi dikasih ikan gabus. Ternyata setelah dilakukan riset penelitian, ikan gabus itu kadar albuminnya tinggi. Albumin sebagai protein zat nutrisi dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki bekas luka operasi,” kata Ahli Obstetri dan Ginekologi dari RSIA Bunda DR Dr Taufik Jamaan SpOG, dalam peluncuran Albusmin, Selasa (21/11).

Untuk memenuhi kekurangan protein, dokter biasanya menyarankan untuk mengonsumsi putih telur. Kebutuhan protein seseorang per hari sebanyak 60 gram. Apabila diasumsikan dengan 1 butir putih telur, hanya mengandung 10 gram protein.

General Manager PT Pharos Indonesia Daniel Thian menjelaskan untuk membantu masyarakat agar tetap sehat dan terpenuhi kebutuhan albuminnya, maka diluncurkanlah Albusmin. Albusmin adalah ekstrak ikan gabus yang mengandung kadar protein tinggi, albumin, asam amino, dan mineral penting lainnya.

“Ikan gabus memiliki kandungan kadar albumin paling tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya karena memiliki kandungan protein (80,55 persen), albumin (33,07 persen), asam amino yang lengkap, serta mikornutrien (zinc, selenium, dan iron),” ujarnya.

Hasil riset dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang mengungkapkan, kandungan albumin pada ikan gabus paling tinggi dibandingkan dengan sumber albumin yang lain yaitu 62,24 gram/kilogram. Sementara, pada ikan lain atau daging dan telur hanya rata-rata 10 gram/kilogram.

Albumin merupakan bagian dari protein plasma darah yang memiliki banyak peran seperti mengatur tekanan osmotik darah, menjaga keseimbangan cairan didalam tubuh, sebagai pengangkut nutrsi didalam tubuh, dan membantu memperbaiki kerusakan jaringan sel di dalam tubuh. Albumin juga sangat diperlukan oleh ibu hamil (bumil).

Albumin memegang peranan penting sebagai bagian dalam protein plasma darah yang berfungsi sebagai agen pengangkut nutrisi, misalnya seseorang sudah mendapat asupan makanan yang sehat dan baik, tapi kadar albumin di dalam tubuhnya rendah maka semua nutrisi tersebut tidak bisa terangkut karena tubuhnya kekurangan albumin. (*)

Detail Pemesanan

Manfaat Albumin Ikan Gabus Untuk Kesehatan Keluarga
Manfaat Albumin Ikan Gabus Untuk Kesehatan Keluarga
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya