BLANTERTOKOv105
1657097087481552441

Cara Cepat Sembuh Pasca Melahirkan Operasi Caesar

Cara Cepat Sembuh Pasca Melahirkan Operasi Caesar

Cara cepat sembuh setelah operasi caesar, merupakan hal yang penting yang harus diketahui oleh ibu setelah melakukan persalinan dengan cara pembedahan atau operasi caesar supaya tubuh sang ibu dan luka bekas sayatan operasi bisa cepat sembuh dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara cepat sembuh setelah operasi caesar, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Lakukan Hal Ini Agar Cepat Sembuh Setelah Operasi Caesar:

Setelah operasi caesar biasanya ibu yang baru melahirkan memang masih memiliki keterbatasan dalam melakukan berbagai kegiatan fisik.

Langkah perawatan dimulai dengan membiasakan diri merasa nyaman dengan luka bekas operasi.

Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan beberapa latihan fisik. Prosesnya memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan persalinan secara normal.

Namun untuk mempercepat proses pemulihan rahim ataupun luka, ibu bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini.

Sabar Untuk Bergerak
Semua ibu yang baru melahirkan tentu ingin cepat bisa bergerak dan menyusui bayi.

Namun, langkah ini tidak bosa dilakukan oleh ibu yang melakukan persalinan caesar. Gerakan untuk ibu yang telah melakukan operasi caesar masih sangat sedikit.

Setelah mulai belajar untuk bergerak di sekitar tempat tidur maka akan berjalan pelan. Setelah itu, ibu akan belajar untuk mengangkat bayi. Gerakan pada bagian perut harus sangat kecil untuk mengurangi resiko pembekuan darah dan aliran darah yang naik ke paru-paru.

Merawat Luka Dengan Baik & Benar
Cucilah dan bersihkan luka dengan cairan saline (seperti NaCl), Ganti perban sesering mungkin, lalu Oleskan salep antibiotik (tanyakan kepada dokter Anda jika diperlukan) atau Ibu bisa menggunakan QnC Jelly Gamat sebagai pengganti salep antibiotik untuk mempercepat penyembuhan luka.

Support Perut Anda
Berdiri dan berjalanlah dengan postur tubuh yang baik, bisa dilakukan dengan cara pelan-pelan. Tahan perut Anda pada area bekas luka saat mengalami pergerakkan yang cepat dan tiba-tiba seperti batuk, bersin atau tertawa.

Minum Obat
Setelah operasi caesar maka biasanya dokter akan memberikan obat yang harus diminum secara teratur. Obat ini biasanya mengandung zat anti inflamasi yang mencegah peradangan dan membantu luka operasi agar cepat sembuh.

Obat ini juga bisa mengatasi rasa sakit pada bagian bekas luka, sehingga ibu menjadi tetap nyaman. Terkadang ada rasa nyeri atau kram rahim karena bentuk rahim yang mengalami penyusutan setelah bayi lahir. Bahkan rasanya mungkin akan semakin sakit pada bagian bekas operasi. Untuk itu perawatan dengan obat tetap dibutuhkan.

Minum Air Putih Yang Banyak
Mengkonsumsi banyak air akan membantu ibu agar tidak mendapatkan dehidrasi. Dehidrasi biasanya dialami oleh semua ibu yang telah melewati operasi caesar. Rasa haus yang berlebihan sering menyerang dan harus diatasi dengan minum air secara teratur.

Air bisa membantu mengatasi kebutuhan mineral dan bisa menjadi cara untuk menjaga agar produksi air susu ibu terus berjalan.

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi
Sembelit biasanya banyak dihadapi oleh ibu yang baru saja melakukan operasi caesar. Organ perut dan pencernaan mengalami beberapa perubahan yang sangat besar setelah operasi. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus lebih sering mengkonsumsi makanan berserat.

Berbagai jenis jus dari buah dan sayuran sangat disarankan. Konsumsi sayuran yang sudah dimasak juga harus dilakukan secara rutin. Jika sembelit tetap tidak berkurang maka ibu harus mendapatkan bantuan dari obat dokter.

Istirahat Atau Tidur Yang Cukup
Kurang tidur akan menggangu proses penyembuhan rahim dan luka bekas operasi. Untuk mengatasi hal ini maka ibu harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup supaya tubuh ibu bisa cepat pulih setelah operasi caesar.

Lakukan Pemeriksaan Secara Berkala
Sekitar 6 minggu setelah melahirkan, sebaiknya periksakan diri Anda dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa luka operasi, perut, vagina, rahim dan mulut rahim Anda sembuh dengan sempurna. Sewaktu memeriksakan diri ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan payudara, berat badan dan tekanan darah Anda.

Detail Pemesanan

Cara Cepat Sembuh Pasca Melahirkan Operasi Caesar
Cara Cepat Sembuh Pasca Melahirkan Operasi Caesar
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya